Sabtu, 19 April 2008

Dengan Keterbatasan Sarana

Panwaslu Siap Emban Tugas

Nusyirwan: “Perolehan Suara Pasangan Calon, Beda-beda Tipis”

Padang Panjang – LN.

Hingga pengembalian berkas pendaftaran pasangan calon Walikota Padang panjang periode 2008-2013 (Afrizal Moetwa - Fathoni Rasyid, Subariman - Irwan, Suir Syam - Edwin dan YY. Dt. Garang – Sopendi - red) ke KPU berlangsung lancar, hingga saat berita ini diturunkan tidak ada gejolak, situasi ini membuat ketua Panwalu Kota Padang panjang berharap agar partai pengusung dan pendukung ke-empat pasangan calon serta masa pendukung dapat mempertahankannya, hal ini diungkapkan Edwar Zebua Ketua Panwaslu Kota Padang panjang didampingi Jasriman salah seorang anggota Panwas yang dijumpai di ruang kerjanya, komplek rumah sakit lama Guguak Malintang kota Padang panjang, 10/04 lalu.
Dikatakan, secara kedinasan sebagai Pengawas pelaksanaan pemilu (Pilkada-red) Panwas bertugas mengawasi semua yang terlibat, “Pengawasan yang kita lakukan bukan hanya terhadap tahapan pelaksanaan pilkada itu saja tetapi mencakup penyelenggara dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum, ke empat pasangan calon, partai pengusung dan partai pendukung pasangan calon yang ikut bertarung dikancah pilkada kota Padang panjang ini dan kepada anggota Panwas pun kita telah tekankan agar selalu bersikap netral dan tidak terlibat dalam memberikan dukungan kepada pasangan calon tersebut agar netralitas Panwas tetap terjaga.
Ketika ditanya pelanggaran dalam bentuk apa saja yang bakal diawasi selama Pilkada Padang panjang berlangsung, Zebua mengatakan hal ini dalam waktu dekat akan kita bicarakan bersama KPU, ke empat pasangan calon dan partai yang mengusung dan mendukung, “Secara lisan telah kami bicarakan dengan ketua KPU Satiar Zega dan beliaupun menyambut baik, namun untuk terlaksananya rapat koordinasi ini kita nantikan kesiapan masing-masing peserta rapat itu sendiri,” jelas ketua Stisipol Bukittinggi ini.
Menyangkut tugas pengawasan pilkada di tingkat kelurahan, anggota Panwas Jasriman, menjelaskan Sejak dibukanya pendaftaran bagi petugas Pengawas Kecamatan sejak 8 April lalu, telah mendaftar sebanyak 17 orang.
“17 orang telah mengembalikan formulir pendaftaranya ini berarti mereka siap untuk di tugaskan dikelurahan-kelurahan dikota Padang panjang ini selama pelaksanaan Pilkada, namun meskipun demikian mereka akan diseleksi melalui ujian tertulis pada Sabtu 12/04 dan uji tes end properties pada Minggu 13/04 sampai nantinya dihasilkan empat orang dan mereka akan kita bagi dua untuk ditugaskan di Kecamatan Padang panjang Timur dan Barat,” jelas Jasriman.

Pelaksanaan Pilkada Kota Padang Panjang Tinggal hitungan bulan, banyak dikalangan masyarakat memprediksikan Pilkada Padang panjang berlangsung meriah karena dengan telah dikembalikannya formulir pendaftaran pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Padang panjang oleh ke-empat pasangan calon, tidak akan ada yang mendominasi suara, seperti yang diungkapkan salah seorang tokoh masyarakat Nusyirwan Senin lalu. Dia mengatakan, Pilkada Padang panjang untuk perolehan suara akan berlangsung seru, karena tidak akan ada perolehan suara yang akan mendominasi, ”Kalau kita lihat situasi sekarang ini perbandingannya paling hanya beda-beda tipis, ungkap Nusyirwan. (Isril.N)

0 komentar:

Posting Komentar