Jumat, 28 Maret 2008

Polling SMS Cawako dan Cawawako
Masyarakat Inginkan Suir Syam - Fauziah Fauzan


Padang Panjang-LN

Pesta pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang Panjang tinggal hitungan bulan, agar pelaksanaannya dapat berjalan sukses perlu pemahan politik bagi masyarakat agar hak suara mereka dapat dimanfaatkan sebaik mungkin disamping menjaga ketentraman dimasyarakat, dalam hal ini tentu saja bukan hanya tanggung-jawab pemerintah daerah, pihak keamanan dan partai politik yang ikut pertarungan lima tahunan ini, akan tetapi peran serta masyarakat dan pihak swasta juga sangat mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada Padang panjang tahun 2008 ini.
Dikalangan swasta yang bergerak dibidang media informasi seperti yang dilakukan oleh Radio Bahana FM Padang panjang banyak piha yang menilai ini adalah satu langkah positif dalam menjaring aspirasi masyarakat dalam menyuarakan haknya, Polling Jelang Pilkada yang digelar radio ini setiap Kamis pukul 10 siang tersebut dari pantauan Lensa Nagari mendapat sambutan hangat dikalangan masyarakat Padang panjang, seperti yang diungkapkan kepala Studio Bahana FM Topan Surya yang juga pemandu acara ini, diruang kerjanya Kamis 20/03 kemaren mengatakan peran serta masyarakat cukup tinggi.
“Hingga saat ini tangapan masyrakat tentang siapa calon walikota dan wakil walikota pilihan mereka yang masuk lewat SMS hampir tujuh ratus sms dan ini akan sangat menarik bila KPU Padang panjang mengumumkan siapa calon walikota dan wakil walikota yang didaftarkan partai politik atau gabungan partai politik ke KPU, akan terlihat apakah pilihan masyarakat lewat sms pada acara poling pilkada yang kami gelar sesuai dengan yang diajukan partai ke KPU,” ujar Topan.
Calon yang diusung masyarakat lewat sms ke acara poling jelang Pilkada ini sangat beragam, banyak pilihan yang disampaikan oleh masyarakat, namun dari poling tahap pertama tentang kalangan atau unsure yang bakal jadi calon walikota dan wakil walikota yang diharapkan oleh masyarakat adalah dari kalangan profesional dengan suara poling terbanyak.
Dari poling tahap kedua masyarakat mulai memunculkan nama-nama bakal calon walikota dan wakil walikota, dan beragam nama pun bermunculan yang dikirim lewat sms tersebut, seperti untuk calon walikota diantaranya adalah Afrizal Motoa, Yusuar Yusuf Dt. Garang, Drs. H. Hamidi, Drs. Yohanes Dahlan, dr. Suir Syam dan Drs. Sopendi. Yang takkalah menarik adalah nama-nama calon wakil walikota, pada poling balon walikota dan wakil walikota sms ini masyarakat diantaranya memunculkan nama seorang wanita yakni Fauziah Fauzan yang dikenal dengan nama Zizi, adalah seorang tokoh wanita bidang pendidikan dan pimpinan Diniyah Putri Padang panjang, menariknya setiap balon walikota versi sms ini masyarakat mengandengkannya dengan Zizi, nama lain yang juga dimunculkan oleh masyarakat adalah Abrar S.Ag. Ir. Edwin SP, Ali Asmar, Syamsurizal, Sopendi, Novi Hendri, Tedi Alfonso, Fathoni Rasyid, Hamidi, dan YY. Dt. Garang.
Topan Surya menambahkan, ada kemungkinan aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat lewat sms ke radio Bahan FM tidak terakomodir oleh partai ataupun oleh gabungan partai.
Data terakhir hasil poling sms diacara jelang pilkada yang digelar radio Bahan fm ini menyebutkan suara terbanyak untuk calon walikota adalah Suir Syam dengan presentase 34,23 %, sedangkan untuk calon wakil walikota dari data terakhir 20/03 Fauziah Fauzan berada diurutan pertama dengan total perolehan suara sms sebanyak 173. (In) Dimuat pada SKM Lensa Nagari Edisi 3/ tgl 22-31 Maret 2008 Halaman 1 anak Headline

0 komentar:

Posting Komentar