Selasa, 28 Agustus 2007

Pawai Alegoris Meriahkan Hut RI ke 62



Padang Panjang,Gn
Puluhan ribu warga Kota Serambi Mekah Padang Panjang, tua muda, lelaki, perempuan, pedagang, petani, pegawai negeri, tokoh masyarakat dan lainnya, Minggu(19/8) kemarin tumpah ruah memeriahkan pawai alegoris yang dilaksanakan kota tersebut dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia(HUTRI) ke-62, tahun ini.
Menariknya pawai alegoris tahun ini jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, seperti diungkpakan sejumlah pengunjung, pawai kali ini benar-benar melibatkan seluruh elemen masyarakat dan tak terkesan dilaksanakan pihak pemerintah atau pegawai negeri saja. Lagi pula pawai kali ini jauh lebih banyak pesertanya dibandingkan wapai-pawai sebelumnya.
Dari sekiitar pukul 07.00 Wib pagi kemarin, suasana di lapangan H. Anas Karim yang lebih akrab disebut lapangan Kantin, sudah hingar bingar karena banyaknya pengunjung, terutama para peserta pawai guna mempersiapkan diri.
Sesuai rute yang sudah ditentukan panitia, peserta pawai akan memulai perjalanan dari lapangan Kantin, terus ke halaman panggung kehormatan di depan kantor BRI Padang Panjang dan selanjutnya melanjutkan perjalanan mengelilingi kota seluas 23 km2 itu.
Tepat pukul 09.00 Wib, sesuai jadwal yang sudah ditentukan panitia, barisan pawai yang didahului mobil forider Satlantas, dibelakangnya mobil unit Humas Pemko Padang Panjang, selanjutnya barisan pawai yang dipimpin kontestan pawai dari Sekretariat Kota Padang Panjang dengan sebuah mobil penuh hiasan diiringi 9 kendaraan roda dua yang juga penuh hiasan, mulai merengsek keluar lapangan Kantin yang dipadati puluhan ribu peserta pawai, guna menuju panggung kehormatan.
Sesampai di halaman panggung kehormatan, peserta pawai disambut dengan lambaian tangan oleh Walikota Padang Panjang dr. H. Suir Syam, M.Kes, MMR didampingi Wakil Walikota Drs. Adirozal, Msi, Ketua DPRD, Drs. H. Hamidi dan seluruh unsur Muspida lainnya.
Setiap barisan pawai yang sampai di halaman panggung kehormatan yang berjumlah 34 kontestan itu, di samping mendapatkan lambaian tangan Wako Suir Syam dan anggota Muspida lainnya, sekaligus juga memperoleh tepuk tangan gemuruh dari warga masyarakat yang menonton.
Para peserta pawai pun tampak beraksi menunjukkan kebolehannya di halaman panggung kehormatan sekitar 3-4 menit, sebelum melanjutkan perjalanan mengelilingi kota.
Pawai kali ini diikuti puluhan kendaraan roda dua dengan hiasan menarik dan mencereminkan kemajuan pembangunan yang sudah dicapai oleh Kota Padang Panjang, seperti di Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan hidup, Perhubungan, Pertanian, Ekonomi Kerakyatan dan yang lainnya, Peserta pawai kemarin terdiri dari 62 sekolah termasuk 1 kontestan dari Ikatan Keluarga Padangpanjang Batipuh X Koto(IKAPABASKO) dan 48 unit kendaraan roda empat dan puluhan lainnya roda dua, belasan bendi dan sejumlah kuda tunggangan dari STM Karya.
Walikota Suir Syam ketika diwawancarai, antara lain mengaku sangat bersyukur atas meriahnya acara pawai alegoris tahun ini, terutama sekali melihat besarnya keterlibatan warga masyarakat.
Menurut Wako Suir Syam, ini mencerminkan tingginya partisipasi masyarakat terhadap seluruh gerak langkah pembangunan saat ini di Kota Padang Panjang. Kepada jajarannya, Wako berharap agar benar-benar bisa memahami besarnya keterlibatan masyarakat dalam pembangunan di Kota padang panjang sekarang ini.
Artinya, seluruh aparat pemerintah di jajarannya diharapkan Suir Syam agar melibatkan masyarakat dalam setiap kegiatan pembangunan, dalam setiap denyut upaya memajukan kota demi terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(Gn-02).




0 komentar:

Posting Komentar